Agribisnis

VISI PROGRAM STUDI AGRIBISNIS
Terwujudnya Program Studi Agribisnis FP-UMI yang unggul di bidang agribisnis hilir berkelanjutan, menghasilkan sumberdaya manusia profesional, memiliki jiwa wirausaha dan kearifan lokal serta berjati diri Islami, di tingkat Nasional pada Tahun 2020 dan Internasional pada Tahun 2030

MISI PROGRAM STUDI AGRIBISNIS
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berbasis teknologi informasi untuk menghasilkan sumberdaya manusia profesional di bidang agribisnis hilir sesuai kebutuhan stakeholders.
2. Memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang agribisnis hilir yang berkelanjutan melalui kegiatan penelitian dan publikasi ilmiah
3. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan melibatkan petani dan usaha kecil serta proaktif dalam dinamika pembangunan pertanian.
4. Membangun karakter sumberdaya manusia yang memiliki jiwa kearifan lokal, kreatif dan inovatif, memiliki integritas yang tinggi berakhlak mulia dan berjati diri Islam.

TUJUAN PROGRAM STUDI AGRIBISNIS
1. Mewujudkan Program Studi Agribisnis FP-UMI yang unggul di bidang agribisnis hilir berkelanjutan di tingkat Nasional pada Tahun 2020 dan Internasional pada Tahun 2030
2. Mewujudkan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas, berbasis teknologi informasi dan SN-DIKTI dalam bidang agribisnis hilir berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan stakeholders.
3. Menghasilkan penelitian dan publikasi ilmiah berkualitas dan berbasis SN-DIKTI yang memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang agribisnis.
4. Mewujudkan kegiatan pengabdian masyarakat berbasis SN-DIKTI melalui program penyuluhan, pelatihan, dan kewirausahaan.
5. Menghasilkan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi keilmuan dan keterampilan di bidang agribisnis hilir berkelanjutan, berjiwa wirausaha, memiliki kearifan lokal, tanggap terhadap masalah sosial ekonomi pertanian, dan mampu mengaplikasikan di masyarakat.
6. Menghasilkan sumberdaya manusia yang memiliki integritas yang tinggi, berilmu amaliah, beramal ilmiah, dan berakhlak mulia berdasarkan nilai-nilai keIslaman.

SASARAN PROGRAM STUDI AGRIBISNIS

a. Sasaran Jangka Pendek (Periode Tahun 2017 – 2020)

Sasaran dan strategi pencapaian Visi Misi Program Studi Agribisnis FP-UMI mengacu pada Renstra Fakultas Pertanian periode 2017-2020, sasaran dicapai melalui perumusan strategi disertai dengan indikator kinerja dengan target yang terukur. Prodi Agribisnis melakukan evaluasi pencapaian sasaran setiap tahun melalui Rencana Mutu. Dirumuskan sasaran jangka pendek, yaitu :

1. Terwujudnya Program Studi Agribisnis FP-UMI yang unggul di bidang agribisnis hilir yang berkelanjutan di tingkat Nasional pada Tahun 2020, dengan strategi pencapaian: (a) Meningkatnya pemahaman dan implementasi visi, misi dan tujuan Program Studi pada semua program kerja. (b) Revisi kurikulum sesuai kompetensi berdasarkan standar nasional, Forum Komunikasi Perguruan Tinggi-Pertanian Indonesia (FKPT-PI), Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (PERHEPI) serta kebutuhan dunia kerja. (c) Meningkatnya kompetensi lulusan yang sesuai dengan kebutuhan stakeholder.

2. Dihasilkannya proses pendidikan dan pengajaran yang berkualitas, berbasis teknologi informasi dan SN-DIKTI dalam bidang agribisnis hilir berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan stakeholders., dengan strategi pencapaian : (a) Meningkatnya kompetensi dosen dalam proses pembelajaran yang bermutu berbasis KBK berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), melalui sistem pembelajaran Student Centre Learning (SCL), pelatihan penyusunan buku ajar dan penuntun praktikum. (b) Meningkatnya kuantitas dan kualifikasi dosen melalui studi lanjut (S-3), merekrut dosen yang berkualifikasi minimal S-2, pelatihan, workshop dan kegiatan ilmiah lainnya. (c) Terwujudnya audit mutu internal secara berkala setiap tahun oleh Pengendali Sistem Mutu Fakultas (PSMF) dan Satuan Tugas Pengendali Mutu (STPM) Prodi Agribisnis. (d) Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan yang berkualitas sesuai tuntutan stakeholders, fasilitas laboratorium, kebun percobaan, layanan administrasi keuangan dan akademik (SIMPADU), serta perpustakaan berbasis IT.

3. Dihasilkannya penelitian dan publikasi ilmiah berkualitas dan berbasis SN-DIKTI yang memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang agribisnis hilir, dengan strategi pencapaian sebagai berikut: (a) Meningkatnya kualitas penelitian dosen yang secara langsung memberikan kontribusi pada masyarakat dan meningkatnya keterlibatan mahasiswa dalam penelitian. (b) Meningkatnya motivasi dosen mengikuti seminar Nasional dan International, publikasi pada jurnal Nasional terakreditasi dan jurnal Internasional bereputasi. (c) Merintis penerbitan jurnal ilmiah pada Prodi Agribisnis sebagai jurnal terakreditasi yang on line.

4. Dilaksanakannya kegiatan pengabdian masyarakat yang melibatkan petani dan usaha kecil melalui program penyuluhan, pelatihan, dan kewirausahaan, dengan strategi pencapaian sebagai berikut (a) Meningkatnya jumlah kegiatan pengabdian pada masyarakat pada berbagai skema pengabdian. (b) Meningkatnya jumlah kegiatan seminar dan publikasi dosen dalam bidang pengabdian masyarakat.

5. Dihasilkannya sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi di bidang agribisnis hilir, berjiwa wirausaha, memiliki kearifan lokal dan terampil menganalisis masalah sosial ekonomi pertanian, dengan strategi pencapaian sebagai berikut: (a) Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan berwirausaha melalui kegiatan pelatihan dan praktek berwirausaha (b) Meningkatnya pengetahuan, keterampilan dan kearifan lokal mahasiswa melalui kegiatan praktek lapang, analisis kasus sosial ekonomi pertanian dan pengolahan data. (c) Meningkatnya keterampilan dan sikap mahasiswa serta peka terhadap kondisi sosial ekonomi pertanian melalui kegiatan praktek kerja lapang/magang pada home industry, perusahaan agroindustri hilir.

6. Dihasilkannya sumberdaya manusia yang memiliki integritas yang tinggi, berilmu amaliah, beramal ilmiah, berakhlak mulia berdasarkan nilai-nilai keIslaman , dengan strategi pencapaian sebagai berikut : (a) Memberikan program pembinaan iman dan akhlak yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa UMI melalui kegiatan pesantren kilat selama 3 hari dan pencerahan qalbu selama satu bulan di Pesantren Darul Mukhlisin-UMI di Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan, serta pembinaan harian melalui Wakil Dekan IV Bidang Pembinaan Akhlak Mahasiswa. (b) Peningkatan kualitas iman dan taqwa melalui pelaksanaan matakuliah ciri khusus (MKCK) yang terdiri dari: Aqidah, Syariah, Akhlak, Islam Disiplin Ilmu, Ilmu Dakwah, Bahasa Arab dan Pendidikan Agama Islam (sebanyak 14 SKS). (c) Peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur’an (juz 30) sebagai prasyarat ujian skripsi. (d) Pelaksanaan dzikir bersama sivitas akademika UMI pada awal bulan di Masjid Umar bin Khattab dan dzikir setiap semester (sebelum kuliah perdana). (e) Peningkatan pembinaan akhlak dan aqidah mahasiswa di bawah koordinasi Wakil Dekan IV (Bidang Dakwah dan Kampus Islami).

c. Rencana Jangka Menengah (Periode Tahun 2020-2025)

1. Pengembangan kurikulum standar internasional pada tingkat ASEAN yang link dan match dengan dinamika pasar kerja.

2. Dosen dengan kualifikasi Guru Besar (Profesor) sebanyak 7 orang (40%) dan kualifikasi Doktor (S-3) sebanyak 10 orang (60%).

3. Peningkatan peran serta dosen dalam penelitian, publikasi ilmiah dan seminar internasional.

4. Metode pengajaran dan fasilitas laboratorium telah berstandar nasional dan Internasional.

5. Menerapkan standar kompetensi lulusan bertaraf internasional tingkat ASEAN,

6. Membangun kerjasama dengan instansi pemerintah, swasta maupun perguruan tinggi lainnya di tingkat ASEAN dan Asia.

7. Menjalin kerjasama dengan industri dan dunia usaha di tingkat Internasional khususnya negara-negara ASEAN dan Asia.

d. Rencana Jangka Panjang (Periode Tahun 2025-2030)

1. Penerapan kurikulum standar internasional pada tingkat ASEAN dan Global

2. Dosen dengan kualifikasi Guru Besar (Profesor) sebanyak 10 orang (60%) dan kualifikasi Doktor (S3) sebanyak 7 orang (40%).

3. Peningkatan peran serta dosen dalam penelitian, publikasi dan seminar internasional

4. Metode pengajaran dan fasilitas laboratorium telah berstandar nasional dan internasional

5. Menerapkan standar kompetensi lulusan bertaraf internasional tingkat ASIA dan Global.

6. Membangun kerjasama dengan instansi pemerintah, swasta maupun perguruan tinggi lainnya di tingkat Asia dan Global

7. Menjalin kerjasama dengan industri dan dunia usaha di tingkat Internasional khususnya Negara-negara Asia dan Global.

8. Akreditasi International Asean University Network Quality Assurance (AUN-QA)

 

Silahkan mengisi form online tentang pemahaman visi, misi dan tujuan berikut:

https://goo.gl/forms/9LGS6q1W9pc0FkVp1