Alhamdulillah, Satu Lagi, Doktor Pertanian UMI

Ir. Nirwana Tahir, MP dosen tetap Fakultas Pertanian Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar berhasil meraih gelar doktor dalam bidang ilmu Pertanian pada program Pascasarjana Unhas, dengan predikat “Sangat Memuaskan” setelah mempertahankan disertasi yang berjudul ” Efektivitas Mikoriza Arbuskula (Glomus sp.) dan Trichoderma asperellum Terhadap Tingkat Ketersediaan Air dan Hara pada Tanaman Kedelai” pada ujian promosi doktor di Kampus UNHAS Tamalanrea Makassar, Rabu, 10 Agustus 2016.

Nirwana Tahir dalam pemaparannya di depan tim penilai mengatakan, kedelai merupakan salah satu komoditi pangan strategi yang sangat dibutuhkan karena merupakan sumber protein dan penghasil bahan baku industry makanan. Kedelai merupakan komoditas ketiga di Indonesia setelah padi dan jagung, dengan tingkat konsumsi masyarakat 8,12 kg/kapita/tahun. Kebutuhan kedelai di Indonesia setiap tahun mencapai 2.300.000 ton biji kering, sementara kemampuan produksi dalam negeri hanya mampu terpenuhi sebanyak 907.000 ton pada tahun 2010, bahkan pada tahun 2014 hanya mampu terpenuhi 40,09 % dari kebutuhan nasional atau 954.000 ton.

“Rendahnya produksi kedelai di Indonesia diakibatkan oleh beberapa faktor, antara lain faktor tanah, iklim, hama dan penyakit, serta cara pengelolaan yang kurang baik,” ungkapnya.

Ujian promosi tersebut dihadiri Rektor UMI Prof. Dr. Hj. Masrurah Mokhtar, MA, Rektor UPRI Dr. Andi Ninik Lantara, SE, MSi, beberapa dekan, dosen dan karyawan dalam lingkungan UMI.

Curriculum Vitae :

Nama : Ir. Nirwana Tahir, MP
Tempat/Tanggal lahir : Rappang, 8 Juli 1960
Nama Suami : dr. Jufri Latief, Sp.B, Sp.OT
Nama Anak :
1. Rinas Kharismawati, S.Ip
2. Indra Gunawan, S. Ked
3. Tri Kurniawan, S.Ked.
4. Ira Vernanda

Status Pekerjaan : Dosen tetap Yayasan Wakaf UMI ditempatkan pada Fakultas Pertanian UMI.

Previous Prof Masrurah Lantik Dekan FKM dan Pertanian UMI
Next Pertanian UMI, Bupati Mamuju Utara & Luwu Utara Jalin Kerjasama

You might also like

Mahasiswa Faperta Teliti Penggunaan Pupuk Kedelai Edamame

 Pengetahuan masyarakat mengenai penggunaan pupuk organik dan anorganik masih minim. Hal itu menyebabkan tingkat produksi dan kesuburan tanah ikut terpengaruh. Atas dasar itu, mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Muslim Indonesia (UMI),

FAPERTA UMI Tuan Rumah Acara Nasional

Faperta-UMI.Kegiatan Seminar Nasional, Lokakarya Nasional dan Kongres Persatuan Agroteknologi/Agroekoteknologi Indonesia dilaksanakan pada tanggal 10-11 September 2018 di swiss bel-hotel, makassar. Fakultas Pertanian UMI terpilih sebagai panitia pelaksana acara nasional ini..

Relawan FP UMI Bantu Korban Banjir

Fakultas Pertanian – UMI. Alhamdulillah Tim relawan Fakultas Pertanian UMI membawa bantuan ke posko pengungsian masjid shiratal mustaqim mangngalli Gowa di bawa naungan ACT ( aksi cepat tangga ). Selain

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply