PkM Dosen Faperta Latih POKTAN & KWT Campagaya Olah Jagung Dan Buat Pestisida Nabati

Fakultas Pertanian – UMI. Sabtu, 24 Agustus 2019. POKTAN dan KWT Campagaya mengadakan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui pengolahan hasil pertanian berupa jagung menjadi susu jagung dan pemamfaatan daun sirsak dan pepaya menjadi pestisida alami nabati penyubur tanaman.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut di langsungkan di kediaman Ketya Poktan dan KWT Campagaya bapak Abd. Arsyad Pali.

Arsyad Pali selaku ketua poktan sekaligus pembina KWT mengatakan kami selalu menerima tamu dari berbagai pihak tanpa terkecuali dan utamanya pula pihak pendistribusi kemajuan pertanian.

Kali ini Poktan Campagaya dikunjungi salah satu kampus dari Makassar yakni Kampus UMI Makassar.

UMI Makassar telah menunjuk dan membina desa kami, sehingga pemamfaatan potensi hasil pertanian menjadi bahan yang bernilai tinggi. Termasuk di produksi menjadi susu dari bahan dasar jagung. Selain itu dilakukan pula pelatihan pembuatan pestisida alami dari bahan daun buah pepaya dan sirsak.

“Kami ingin memberikan edukasi dan pengetahuan ke masyarakat luas untuk mencoba dan menjalankan produksi dari bahan lokal daerah ini,” ujar Dosen UMI Makassar.

Selain itu pula pihak Kampus UMI Makassar yang di wakili ibu Dr. Ir. Subaedah M.Si mengatakan bahwa kami bergerak membina dan memberikan penyuluhan terhadap pengolahan hasil pertanian yang punya daya saing termasuk olahan makanan dan pestisida alami karena sebelumnya kita sudah identifikasi lokasi ini dan ternyata daerah ini memiliki potensi yang besar untuk dikelola lewat model pembinasn dibidang pertanian,” tuturnya.

Pengembangan produk olahan pertanian dari jagung dan pestisida ini sangat cocok untuk dilatihkan ke masyarakat, sehingga kami memberdayakan masyarakat desa utamanya di Campagaya yang nantinya sebagai langkah awal untuk bisa berkembang di pertanian.

Masyarakat Campagaya berpeluang besar berusaha dibidang pertanian dan ini menjadi prospek pembinaan kedepan. Desa ini dianggap strategis di bidang pertanian. Akan kami mitrakan dengan paduan perguruan tinggi UMI Makassar di bidang pertanian,” tutup Ibu Subaedah. AJM/RedTT

Penulis: Epong (takalar terkini)

Previous Talk Show dan Ramah Tamah Faperta UMI
Next Dosen Faperta, Pemakalah Oral pada International Conference

You might also like

Enam Dosen Faperta Siap Melakukan Audit Mutu Internal

Fakultas Pertanian – UMI. Enam dosen Fakultas Pertanian terpilih sebagai auditor internal sistim penjaminan mutu internal program studi universitas muslim indonesia. Adapun dosen Faperta UMI yang terpilih adalah sebagai berikut:

Dekan Faperta UMI Raih Gelar Doktor

Fakultas Pertanian – UMI. Alhamdulillah, Selamat dan Sukses atas pencapaian gelar Doktor Dekan Fakultas Pertanian UMI Dr. Ir. Annas Boceng, MS. Beliau menyelesaikan studi doktor program doktor ilmu lingkungan di

Penarikan PKL Mahasiswa Agroteknologi

Fakultas Pertanian – UMI. Penarikan PKL (Praktik Kerja Lapang) Mahasiswa Fakultas Pertanian UMI angkatan 2016 yang berjalan selama 2 bulan di Laboratorium Lapangan Dinas Perkebunan Provinsi Sulsel ( Desa Purnakarya,

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply