Praktek Lapang Sensasi Agrowisata

Fakultas Pertanian – UMI. Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Muslim Indonesia melakukan kunjungan di Kampung kopi Bili Bili yang terletak di Dusun Bilaya Desa Pallantikang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa.

Kunjungan ini dalam rangka praktek lapang mata kuliah Pemberdayaan Masyarakat. Mahasiswa antusias mengelilingi area kampung kopi yang dipandu oleh pengurus kampung kopi Bili Bili bersama dengan Yapensa. Mahasiswa sebanyak 30 orang ini didampingi oleh Dosen Faperta UMI, Tsalis Kurniawan Husain.

Rombongan Faperta UMI diajak ke lokasi pembibitan, penjemuran, wahana edukasi dan cafe serta ke ruang meeting dan informasi sekaligus menggelar acara talk show yang dipandu oleh Pak Ikhsan S (Koordinator Supply Chain Yapensa).

Talk show dimulai dengan perkenalan Yapensa oleh Pak Ikhsan S seperti sejarah terbentuknya dan seputar program Bawakaraeng Coffee serta hubungannya dengan kampung kopi Bili Bili.

Pak Awaluddin, penanggung jawab kampung kopi Bili Bili yang juga alumni Fakultas Pertanian UMI menjelaskan “Selain kopi, lokasi ini juga akan dikembangkan klaster lainnya yakni kakao, dan anggrek, dimana kami bekerja sama dengan kampung anggrek di Jawa Timur. Tempat ini dirancang sebagai tempat wisata yang mengedukasi, dan harapan kami dengan datangnya mahasiswa disini akan membuka inspirasi untuk datang lagi kesini belajar dan kami terbuka untuk kita belajar sama sama disini “.

Pak Makmur Sakibe selaku pengurus Yapensa menambahkan bahwa “pemberdayaan itu adalah jiwa, bukan semata teori.”

Previous PkMD: Pelatihan Pembuatan Kompos
Next PkMD: Budidaya Tanaman Obat Keluarga

You might also like

Wajah Baru Kebun Agrowisata Religi

Fakultas Pertanian-UMI. Pada Hari Minggu (16/3) Jajaran pimpinan, Dosen, Tenaga Kependidikan serta Mahasiswa  Fakultas Pertanian UMI berkunjung ke Pesantren Darul Mukhlisin Padanglampe UMI. Kunjungan rutin ini dalam rangka meninjau pengembangan

Tim Futsal Faperta UMI Juara 1

Faperta-UMI. Kabar bahagia datang dari Tim Futsal Faperta UMI setelah mengikuti turnamen futsal yang diadakan oleh TA-TG Unismuh pada tanggal 1-2 April 2017. Turnamen ini diikuti 32 tim futsal se-Sulawesi

Dosen Faperta, Pelatih Nasional MTQ

Fakultas Pertanian – UMI. Dosen Faperta UMI, Dr. Ir. H. Amir Tjoneng, MS menjadi Pelatih nasional peserta MTQ provinsi Sumatera Barat untuk kategori Fahmil Al-Qur’an. Beliau menjadi satu-s atunya pelatih

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply