Praktek Lapang Sensasi Agrowisata

Fakultas Pertanian – UMI. Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Muslim Indonesia melakukan kunjungan di Kampung kopi Bili Bili yang terletak di Dusun Bilaya Desa Pallantikang Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa.

Kunjungan ini dalam rangka praktek lapang mata kuliah Pemberdayaan Masyarakat. Mahasiswa antusias mengelilingi area kampung kopi yang dipandu oleh pengurus kampung kopi Bili Bili bersama dengan Yapensa. Mahasiswa sebanyak 30 orang ini didampingi oleh Dosen Faperta UMI, Tsalis Kurniawan Husain.

Rombongan Faperta UMI diajak ke lokasi pembibitan, penjemuran, wahana edukasi dan cafe serta ke ruang meeting dan informasi sekaligus menggelar acara talk show yang dipandu oleh Pak Ikhsan S (Koordinator Supply Chain Yapensa).

Talk show dimulai dengan perkenalan Yapensa oleh Pak Ikhsan S seperti sejarah terbentuknya dan seputar program Bawakaraeng Coffee serta hubungannya dengan kampung kopi Bili Bili.

Pak Awaluddin, penanggung jawab kampung kopi Bili Bili yang juga alumni Fakultas Pertanian UMI menjelaskan “Selain kopi, lokasi ini juga akan dikembangkan klaster lainnya yakni kakao, dan anggrek, dimana kami bekerja sama dengan kampung anggrek di Jawa Timur. Tempat ini dirancang sebagai tempat wisata yang mengedukasi, dan harapan kami dengan datangnya mahasiswa disini akan membuka inspirasi untuk datang lagi kesini belajar dan kami terbuka untuk kita belajar sama sama disini “.

Pak Makmur Sakibe selaku pengurus Yapensa menambahkan bahwa “pemberdayaan itu adalah jiwa, bukan semata teori.”

Previous PkMD: Pelatihan Pembuatan Kompos
Next PkMD: Budidaya Tanaman Obat Keluarga

You might also like

Alumni Faperta UMI Berikan Bantuan Bibit

Fakultas Pertanian – UMI. Alhamdulillah suasana serah terima bantuan bibit nangka dari Pak Anwar (mahasiswa Fakultas Pertanian angkatan 90) dari Dinas Pertanian Kabupaten Gowa. Sebelumnya, Fakultas Pertanian UMI mendapat bantuan bibit

Penarikan PKL Mahasiswa Agroteknologi

Fakultas Pertanian – UMI. Penarikan mahasiswa PKL Program studi Agroteknologi yang telah dilakukan selama 2 bulan di Dinas Perkebunan Kota Makassar. Kegiatan penarikan ini didampingi oleh dosen pendamping Dr. Maemuna

Asesmen Lapangan Tim Asesor BAN-PT

Faperta – UMI. Asesmen lapangan dari asesor BAN-PT untuk akreditasi institusi UMI Makassar dimulai pada hari Senin (10/12/2018) sampai dengan Selasa (11/12/2018).  Adapun Tim Asesor BAN PT yang turun melakukan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply